Selasa, 10 Juli 2012

Jangan Remehkan Asam Lambung, Bisa Picu Kanker

  • Jangan Remehkan Asam Lambung, Bisa Picu Kanker Jangan Remehkan Asam Lambung, Bisa Picu Kanker
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak orang yang memandang sebelah mata sakit karena asam lambung meningkat. Meskipun asam lambung diperlukan tubuh tetapi jika kadarnya tinggi dapat menyebabkan maag.
Menurut Dokter di RSCM, Ari Fachrial Syam jika asam lambung diabaikan lama-kelamaan akan mengakibatkan kanker.
"Kalau mulut pahit, nyeri dada, rasa tidak nyaman di sekitar ulu hati, itu gejala asam lambung tinggi," kata Ari di RSCM, Jakarta, Senin(9/7/2012).
Menurut Ari, apabila hal ini dibiarkan asam yang terdapat di lambung akan naik ke esofagus. Esofagus yang terpapar asam dapat luka dan rusak.
"Sel di tubuh selalu berubah, kalau terpapar dengan sesuatu bisa kanker, termasuk esofagus yang terpapar dari asam lambung," ujar Ari.
Untuk itu, Ari mengatakan pentingnya pola hidup sehat. Namun jika kita telah mengalami asam lambung yang meninggi, harus ditangani dokter, dan harus minum obat. Selain itu, kita perlu mengontrol berat badan, dan jangan menganggap remeh gejala.
"Early detection kita masih rendah, ditambah lagi pengobatan kurang. Jadi jaga pola hidup, seperti kurangi makan makanan berlemak, minuman beralkohol, dan konsumsi rokok," tegasnya.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar